#AmateurCoffeeDrinker | Coffee Review : El’s Coffee ‘Kopi Lampung’ 

Minum kopi sekarang sudah menjadi rutinitas harian buat gue. Gue butuh 1 gelas kopi hitam di pagi hari, untuk membuat gue bertahan duduk di kantor tanpa ngantuk. Rutinitas ini sudah gue mulai sejak sebelum Ramadhan 2016. Baru sekitar 2 bulan yaa gue minum kopi hitam. Tapi kebiasaan minum kopi saat jam kerja memang sudah lama gue jalani.

Dulunya gue penggemar kopi instan, gue biasa minum 1 sachet Torabika Cappucino setiap hari. Cuma 1 varian ini yang gue suka dari banyak varian kopi instan sachet yang ada di pasaran. Kopi instan lain yang gue suka dalam kemasan botol, Kopiko 78°. Kemasan kaleng gue suka Nescafe (lupa varian apa). Tapi gue jarang minum yang kemasan botol atau kaleng karena ‘pricey’ buat gue, dan butuh perjuangan lebih untuk belinya (gue mesti ke alfamart/indomaret) 😁

Btw, Gue minum Torabika Cappucino dari jaman kuliah, minumnya dalam keadaan dingin, mesennya sok keren ‘Ice Cappucino ya mbak’, padahal di kantin dan harganya cuma goceng *yaelah.

Tapi semenjak Bokap negur kebiasaan minum kopi sachet dengan bilang ‘Jangan sering2 minum kopi sachet, banyak pengawetnya!’. Sejak saat itu gue mulai mencoba hijrah ke kopi bubuk asli. 

Sebenernya kalo diinget-inget, gue itu minum kopi untuk keren-kerenan sih. Karena kebanyakan nonton drama Korea, yang selalu ada scene minum kopi di coffee shop dan pesen ‘Ice Americano, please’. Hahahaha. 

Emang sih baru beberapa bulan terakhir gue minum kopi hitam ala mamang mamang (kopi pake gula tok, red). Gue biasa minum aja yang ada di pantry kantor. OB kantor biasa beli Kopi Jempol yang khas Lampung banget itu. 😁

Tapi beberapa minggu yang lalu, gue minum kopi Lampung merk lain, dibeliin Uni Cipi 😁 upah nganterin beli oleh-oleh hihihi. 

Gue temeni Uni beli kopi di Toko Yenyen (baru), karena doih mau beliin pak Boss-nya juga. Kita udah sepakat mau beli kopi Jempol aja sebenernya, tapi teryata di rak khusus kopi di Yenyen, kita nemu kopi lain. Banyak merk lain, tapi yang menarik mata gue cuma packaging El’s Coffee.

Lampung Coffee (Robusta) by El’s Coffee

Packaging El’s ini membuat si Kopi keliatan mahal, padahal harganya cuma 18ribu. Selain yang packaging ini, sebenernya si El’s punya packaging lain, plastik metalik gitu, tapi pas gue tanya bedanya apa sama yg packaging paperbag, mbaknya bilang ‘Beda dibungkusnya aja mbak, rasanya sama aja’, hahaha yaudah beli deh yang versi di foto atas. Hahahaha.

I dont expect this coffee to be amazingly great. But it’s actually quite good. Kopi jempol kalo menurut gue, rasa pahitnya strong banget, gue inget pertama kali nyoba kopi Jempol tuh jantung gue berdegup kayak abis lari jauh. Hahaha. Si El’s pahitnya gk sekuat Kopi Jempol, and they both have no sour taste (asem-asem kopi hitam instan kayak nescafe gitu loh, gk ada). Dan wanginya si El’s ini sama enaknya dengan si Kopi Jempol, pertama kali nyeduh di kantor, anak-anak pada ‘siapa nih yang minum kopi? Wanginya enak.’

My Dose of Moodbooster

Problem dari kopi bubuk yang diseduh menurut gue adalah pada ampasnya, ini pendapat gue yang amatiran loh yaa. Jadi baik kopi Jempol maupun si El’s, they both have excess up on the glass (right on its surface) alias ampasnya gk cuma dibawah, tapi juga diatas. Dan gue gk suka sama ampas yg ngapung diatas kopinya itu, yang nempel dipinggiran gelas, kalo gk gue buang dan langsung hirup, itu butiran kopi bisa bikin batuk-batuk hahahaha *norak.

Taste wise, El’s coffee ini sesuai sama selera gue. Dan gue kayaknya akan beli lagi kalo yang gue punya udah abis. Mungkin juga gue akan coba kopi lain dari si El’s, Kopi Aceh atau Toraja mungkin. Hihihi. Btw di kantor ada kopi Bengkulu bawaan Boss Baru, nanti bakal gue cobain juga, semoga masih kebagian. Hahahaha.

Baiklah segitu aja review suka-suka dari peminum kopi amatir, semoga bermanfaat untuk bahan pertimbangan dalam memilih kopi. Ingeet, 1 gelas kopi sebelum kerja yak. 😁😁😁 #gerakanayominumkopi #aseekk

Leave a Reply

