#GDUDIY : Homemade ‘Frank’ Body Scrub

Pernah tau dong sama Frank Body Scrub? Kalo di-IG sih banyak selebgram yang dapet endorse scrub ini. Heran juga, apa sih bedanya sama scrub lokal kok sampe booming begitu? hihihi kepo banget deh gue. Setelah cek harga, ternyata scrub yang kata para selebgram bagus ini, harganya mahal kakak. Cek di Amazon, harga Frank scrub ini $19-an. Kalo di rupiahin hampir 300.000 buat gue sih mahal yaa, gk tau buat kamuuu ~~ iyaa kamuuu ~~ hahaha.

Karena merasa scrub ini mahal. Maka gue yang budgetnya terbatas ini cari solusi lain. Gimana caranya dengan budget terbatas, bisa tetep merawat kulit. Hahahahaha. Walhasil, pencarian gue membuahkan penemuan. Gue menemuka menemukan resep scrub DIY dari youtuber yang gue subscribe. Murah meriah, hasilnya bersih paraah! #lebay hahaha.

Minggu ini gue udah buat adonan (kue kali) scrub DIY ini untuk kedua kalinya. Hahaha bukti betapa gue suka sama hasil scrubbing pake scrub ini, sampe buat dua kali :D:D:D

Gue nemuin resep DIY ini dari youtuber, akunnya dytarez. Awalnya gue buat scrub ini untuk pengganti peeling wajah. Karena ya seperti sering gue sebutkan, gue lagi seneng merawat wajah pake bahan dapur, karena murah dan gk ada efek samping. hehehe. Setelah beberapa kali apply di wajah, gue coba pakai scrub DIY gue ini dibadan, dan it works well! Kulit yang habis discrub jadi halus dan berasa bersiiiiiiihhh bangeeet. SUKAAKK! hihihi.

Okay, without further a do, here are the things you need to make this scrub :

  • 8sdm refined salt/sea salt
  • 1sdm kopi (diseduh air panas)
  • 1sdt madu
  • 1sdm Coconut/Olive Oil
PhotoGrid_1470565414764
Step by Step DIY Homemade “Frank” Body Scrub

All you need is a bowl to mix them together. Gue pribadi pakai garam Refina yang gampang dibeli di Alfamart/Indomaret. Tapi kalo mau bagus, bisa coba beli sea salt atau himalayan salt, yang harganya lebih mahal 😀 kopi diseduh aja pake air secukupnya, kalo mau hasil scrubnya hitam, seduh kopinya jangan terlalu encer. Gue pakai Coconut Oil, karena cuma punya itu di Rumah.

Oiya, kalian bisa sesuaikan kental/cairnya scrub sesuai keinginan ya, gue pribadi ngikutin resep tanpa improvisasi. Jadi scrubnya kering agak tabur gitu.

  • Kalau  suka campuran scrubnya Kental, tambahkan madu
  • Kalau suka Cair, tambahkan coconut/olive oil
  • Kalau suka Kering, kurangi coconut/olive oilnya.

Cara pemakaiannya, kalian cuma perlu basahin bagian yang akan discrub, terus oleskan scrubnya sambil digosok memutar. Diamkan sebentar sampai agak kering, bilas dengan air, lalu bersihkan sisa minyak dikulit dengan sabun. Kalau kalian scrub wajah, jangan lupa akhiri proses membilas wajah dengan air dingin. Biar pori-pori tertutup kembali.

Warning: Scrub ini kalau digosokkan ke wajah, akan menimbulkan efek pedih, kayak di-facial di-klinik. Terutama dibagian yang ada komedonya, terutama hidung dan pipi. Tapi tenang, itu hanya sementara, dan lebih bisa ditolerir daripada sakitnya di-facial. hihihi.

Kalau gue pribadi, habis scrubbing muka pakai scrub ini, gue akan maskeran pakai putih telur yang dicampur madu, supaya kulit yang memerah akibat digosok scrub cepet reda kemerahannya. Tapi kalian juga bisa langung pakai toner/rangkaian cream yang biasa dipakai setelah proses scrubbing ini kok. Dan dijamin besok hari merah-merah diwajah akibat scrubbing bakalan hilang.

Karena scrub ini dibuat dari bahan-bahan alami, scrub ini gk menimbulkan efek samping. Alias aman banget. InsyaAlloh. Ternyata merawat kesehatan kulit gk melulu harus mahal kan? Ya kan ya kan? Dah segitu aja DIY dari gue, semoga bermanfaat.

Bisa baca tulisan Dytarez yang membuat gue membuat scrub ini disini ya. See you in another post. ^^

Leave a Reply

