#KShowRecommendation : Please Take Care of My Refrigerator

 

Seperti yang sudah sering gue sebutkan dan tunjukkan diberbagai akun sosial yang gue miliki, gue adalah salah satu penonton KShow sejati. Sebenernya apa sih KShow itu? As you all know, the K letter is referred to Korean, and Show here is a shortened word from Variety Show. Jadi KShow adalah Korean Variety Show. Muehehehe.

Gue pribadi sudah menikmati Kshow sekitar tujuh tahunan, sejak kuliah. Variety Show (Varshow) pertama yang gue tonton adalah Runningman (masih nonton sampai sekarang), nontonnya masih pake DVD bajakan, belinya dibawah Ramayana hahahaha. Tapi sejak pasang internet di rumah, gue selalu nontonnya streaming langsung di website yang menyediakan subtitle, mostly english subtitle, karena translator Indonesia gk ada yang menerjemahkan Varshow (mereka terjemahin Drama), dan gue pribadi gk suka baca terjemahan, karena sering gk dapet ‘feel‘-nya. *songong hahahaha.

Daaaaann, khusus weekend kali ini, gue akan merekomendasikan salah satu Varshow favorite gue saat ini, yaitu Please Take Care Of My Refrigerator (PTCOMR). PTCOMR ini tayang di channel TV Kabel Korea namanya JTBC. Kalau search di Youtube, bakal nemu JTBC Entertainment dan disana diposting potongan-potongan Varshow yang sudah tayang.

PTCOMR ini adalah cooking show, alias acara masak-memasak. Konsepnya adalah membawa kulkas (refrigerator) bintang tamu ke dalam studio, untuk di cek isinya, dan dibuatkan masakan dari bahan kulkasnya oleh 8 chef yang sudah ada di studio. Acara ini mulai tayang sejak 2015, dimana acara memasak sedang sangat sangat populer.

Setiap minggunya, akan ada dua bintang tamu yang diundang ke acara ini, dan dimasakkan isi kulkasnya oleh 8 chef. Chef yang ada juga beragam, sebagian besar memang profesional chef, ada 1-2 chef amatir (bukan chef berlisensi, namun punya kemampuan masak yang cukup). Chefnya juga berasal dari berbagai keahlian masak, ada yang ahli masakan Eropa, ada yang ahli  masakan Jepang dan China, ada yang ahli pastry dan pastinya ahli masakan Korea.

Tantangan buat para chef adalah harus bisa menciptakan masakan sesuai tema yang dibuat oleh bintang tamu, setiap bintang tamu harus membuat 2 tema masakan dari isi kulkas mereka, dan dibuatkan masakan dalam waktu 15 menit. Setiap satu tema masakan, akan ditandingkan oleh 2 chef (4 chef memasak untuk 1 bintang tamu). Cukup gk cukup, dalam 15 menit masakan harus sudah dihidangkan.

Woooohhhh seruuu bangeet! Nontonin para chef yang harus kejar-kejaran sama waktu untuk memasak hidangan yang sesuai tema itu bikin ribut sendiri, apalagi kalo udah mau habis waktu, masakan belum beres, yaampuuun gue bisa teriak-teriak hahahahaha.

Perjuangan para chef belum berakhir, karena setelah selesai memasak, masakan para chef akan dinilai oleh bintang tamu pemilik kulkas, apakah masakannya enak dan sesuai tema yang mereka inginkan atau tidak. Hidangan juga akan dicicipi oleh bintang tamu lain dan chef lainnya, juga diberi review. Setelaah selesai dicicipi, bintang tamu akan diberi kesempatan untuk menentukan, hidangan mana yang dia suka dari chef yang sudah memasak. Chef yang menang akan diberikan bintang dibaju mereka. Makin banyak bintang, berarti makin unggul Chef-nya, lumayan kaaaaaann buat naikin reputasi diri dan restoran yang mereka miliki hihihii.

 

Video yang gue attach diatas ini adalah salah satu potongan episode favorite gue, dimana Kim Joon Hyun jadi salah satu bintang tamunya. Kim Joon Hyun sendiri adalah komedian, yang juga host acara makan-makan, makanya dijuluki God of Food Show, a real foodie. Dia terkenal dengan cara makannya yang bikin penontonnya jadi laper setiap liat dia makan, dan kalo ditonton, emang bener sih, dia pinter banget mendeskripsikan makanan, dan memberi reaksi, jadi gemes kalo nonton, pengen makan juga hihihi. Dan di episode ini, chef-nya bener-bener berusaha keras untuk masak enak karena mereka pengen liat juga reaksi KJH ketika makan masakan mereka.

Jadi apa sih yang membuat PTCOMR ini berbeda dari acara masak memasak lain? Banyak yaaah bedanya, apalagi kalo dibandingin dengan acara masak Indonesia, beda jauh. hihihi. Seperti udah gue sebutkan, PTCOMR ini konsepnya pertarungan masak cepat (15 menit) antar chef. Selain itu, seperti kebanyakan Varshow Korea lainnya, PTCOMR ini acaranya menghibur (syarat Varshow Korea biar banyak yang nonton).

Saat acara mulai, setelah bintang tamu masuk studio, para host akan membuka acara dengan bincang-bincang sejenak, jika bintang tamu kebetulan punya personal talent, misal aktor tapi bisa nari, maka si bintang tamu akan disuruh nari dulu. Hahahahaha lucu bangeet dah pokoknya.

Belum lagi saat kedua host mulai membuka kulkas bintang tamu, biasanya kalo bintang tamunya single dan tinggal sendiri, kedua host akan mencari-cari apa ada isi kulkas si bintang tamu yang gk wajar. Misal kalo bintang tamunya cowok single, eh pas dibuka kulkasnya kok ada bir kaleng yang alkoholnya rendah yang biasanya diminum cewek? Hahahha disinilah si bintang tamu akan mulai diintrogasi, dikasih pertanyaan yang memancing, agar ketauan dia punya pasangan apa gk. (Di Korea, gk mudah bagi selebritanya untuk mengumbar hubungan di depan publik, jadi pertanyaan-pertanyaan introgatif begini, jadi bahan candaan yang seru).

Haaaaahhhh sudaahhh, panjang banget gue jelasin satu acara doang, hahahaha. Gue biasa streaming segala macam Varshow Korea di website Kshowonline(dot)com, klik disini untuk menuju webnya. Yaaaak, sekian rekomendasi Varshow dari gue, semoga bisa menjadi bahan untuk memulai nonton tayangan TV Korea, dan bisa membantu mengisi kekosongan hari minggu kalian, yaaaaa kalo kosong siiih. Hahahaha. Sampai jumpa di-postingan rekomendasi laiannyaaa. Bhaaaayyyyyyy :D:D:D:D

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s